Apa itu Onkologi Medis? Onkologi adalah bidang ilmu kesehatan khusus penanganan kanker, mulai dari pemeriksaan kanker sampai perawatan paliatif. Keahlian utama dari seorang dokter spesialis kanker adalah pengobatan kanker dengan terapi yang menggunakan obat-obatan atau terapi sistemik. Terapi penanganan kanker tersebut antara lain adalah:

  • Terapi hormon merupakan metode pengobatan kanker yang bekerja pada kanker dengan hormon reseptor positif, yang berarti kanker tersebut mengandung reseptor untuk hormon estrogen atau progresteron. Dengan kata lain, kanker ini membutuhkan atau bergantung pada hormon untuk tumbuh dan terus berkembang. Jenis terapi ini paling efektif untuk menangani kanker payudara yang disebabkan oleh kadar hormon estrogen yang tinggi, dan bekerja dengan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh atau menghambat efek estrogen agar tidak mengaktifkan sel kanker payudara.
  • Kemoterapi umumnya digunakan untuk mengobati kanker. Metode pengobatan ini dilakukan dengan menyuntikkan berbagai obat-obatan ke dalam tubuh untuk menghancurkan sel kanker secara bertahap dan mencegah sel kanker terbentuk kembali. Walaupun cukup efektif, kemoterapi diketahui memiliki banyak efek samping, karena obat-obatan yang digunakan juga dapat memengaruhi sel tubuh yang sehat.

Selain memberikan pengobatan sistemik, kewajiban lain dari spesialis kanker adalah mengawasi perawatan dan pengobatan umum pasien serta memeriksa kesehatan pasien secara teratur. Ia juga bertanggung jawab untuk mengevaluasi hasil dari pengobatan yang dijalani pasien dan menangani semua komplikasi yang terjadi. Selain itu, dengan mengawasi perkembangan pasien, spesialis kanker merupakan orang pertama yang dapat menentukan apakah pasien memiliki kebutuhan khusus yang harus dipenuhi.

Apabila pasien membutuhkan pengobatan khusus, spesialis kanker akan membantu mereka dengan bekerja sama dengan ahli pengobatan lainnya, seperti spesialis kanker ahli radiasi yang dapat melakukan terapi radiasi atau spesialis bedah kanker yang dapat melakukan biopsi dan pembedahan untuk mengangkat tumor dan jaringan kanker, sehingga kanker dapat disembuhkan. Dokter bedah juga dapat bekerja sama dengan spesialis hematologi untuk menangani kanker darah, dokter bedah umum, dokter bedah plastik (apabila pasien membutuhkan bedah rekonstruktif setelah menjalani pengobatan), atau psikiater untuk membantu pasien menangani gangguan psikologis dan tekanan emosional dalam melawan kanker.

Kapan Anda Harus Menemui Dokter Spesialis Kanker?

Anda harus segera mengunjungi dokter bedah setelah Anda di diagnosis memiliki tumor ganas atau kanker. Setelah di diagnosis menderita kanker, pasien biasanya akan disarankan untuk menemui spesialis kanker oleh dokter umum atau dokter keluarga mereka. Setelah dipastikan bahwa tumor bersifat ganas, pasien akan segera membutuhkan perawatan khusus dari spesialis kanker agar dapat memulai pengobatan kanker secepat mungkin.

Dalam memilih spesialis kanker, harap dipastikan bahwa Anda memilih dokter yang telah berpengalaman dalam menangani jenis kanker yang Anda derita. Spesialis kanker harus pernah mengikuti pelatihan yang terpercaya serta memiliki sertifikat dokter. Onkologi juga memerlukan penelitian yang menggunakan metode penelitian berbasis makalah dan terapi eksperimen, sehingga akan lebih baik apabila spesialis kanker telah menulis dan menerbitkan artikel mengenai perkembangan terbaru dalam pengobatan kanker.

Anda juga perlu menjalin hubungan baik dengan dokter. Dokter Anda harus menjawab semua pertanyaan dengan jelas dan menjelaskan semua aspek penyakit Anda, sehingga Anda dapat mengambil keputusan yang baik mengenai pengobatan Anda. Hal lain yang juga penting adalah kenyamanan pasien dengan spesialis kanker mereka, karena mereka akan terus bekerjasama selama pengobatan berlangsung.

Apa itu Onkologi Medis: Gambaran Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *